Thunder Rider Admin | WebMaster
Total Posan : 169 Reputasi : 22 Poin Brogader : 5381 Sejak : 21.06.10 Domisili : Parung. Bogor | BojongSari. Depok Komunitas|Klub : KOSTER Moto : Warna : Tahun : Hobi : 1001 Slogan : Bravo STI Komentar : Bergabunglah-di-STI
| Subyek: LENSA: Telusur Kebangkitan Suzuki dan Kelahiran Suzuki Thunder 2010-06-25, 00:20 | |
| NAPAK TILAS KEBANGKITAN SUZUKI METAMORFOSA DARI MOTOR-SEPEDA KE SEPEDA-MOTOR | THUNDER RIDER |
Anda mengendarai Suzuki Thunder! Tapi, seberapa jauh anda mengenal Suzuki?
Bagaimana prototipe dan cikal-bakal Suzuki Thunder? ...
| | Perusahaan Motor Suzuki telah didirikan oleh Michio Suzuki, seorang putera petani katun Jepang. Dia dilahirkan pd 1887 di Hamamatsu, sebuah kota kecil sekitar 200 km dari Tokyo.
Dia adalah pendiri Perusahaan Pabrik Tenun Suzuki (Suzuki Jidosha Kogyo) pada Maret 1920, yg merupakan cikal-bakal Perusahaan Motor Suzuki yg dikenal sekarang ini. Jadi Perusahaan Motor Suzuki telah merayakan hari jadinya yg ke 87 pada Maret 2007 lalu.
|
Pada November 1951, para teknikan Pabrik Tenun Suzuki mulai merancang suatu mesin yang dapat dipasang pada sepeda biasa. Gagasan ini bukan satu-satunya, karena ketika itu ada lebih 100 pabrikan Jepang mencoba gagasan ini.
Soichiro Honda, memulai Lembaga Penelitan Teknik Honda pd 1946 dengan merenovasi mesin kecil bekas Angkatan Bersenjata Jepang yang pernah digunakan dalam Perang Dunia II, dan memasangnya pada sepeda. Setahun kemudian, Honda mulai membuat mesin mereka sendiri. Pada waktu Suzuki memproduksi motor-sepeda pertama, Honda yang sekarang dikenal sebagai Perusahaan Motor Honda, telah menguasai 70% pasar sepeda angkut bermotor. Sebelum Suzuki memperkenalkan mesin Power Free 36 cc, sebuah prototipe 30 cc yang mereka namakan Atom telah diciptakan oleh Suzuki, hanya saja tak pernah diproduksi secara masal.
Kualitas tinggi motor-sepeda Suzuki membuatnya bertahan dan memukul pasar Jepang. Banyak ide orsinil "Shunzo Suzuki" telah digunakan dalam produk final. Mesin Suzuki ini berukuran 36 x 36 mm, menggunakan piston | zuiger, 2 tak, dipasang pada bingkai sepeda, di tengah, sedikit di atas pedal. Pedal sepeda berfungsi sebagai starter untuk menyalakan mesin, dan kemudian menggerakan rantai sepeda. Dibutuhkan roda gigi khusus agar pengendara bebas mengendalikan roda sementara mesin berputar. Mesin ini bisa dikendalikan dengan pedal atau tanpa pedal samasekali.
Suzuki Power Free, diluncurkan pada akhir 1951, dan hanya dijual beberapa bulan sebelum ditingkatkan ke model lebih modern. Setelah peluncuran ini, pemerintah Jepang mengubah peraturan tentang kendaraan bermotor, yang mengizinkan sepeda bermotor bermesin 2-tak sampai 60 cc dan bermesin 4-tak sampai 90 cc boleh dikendarai tanpa SIM (surat izin mengemudi). Suzuki segera mulai mengembangan mesin motor-sepeda baru, dimana kapasitas mesin meningkat sampai 60 cc menggunakan 2 gigi | verseneling kelajuan.
Berikut adalah beberapa produksi awal Perusahaan Motor Suzuki, dari 1950an sampai 1960an.
| Suzuki Power Free E1 36 cc 1952 Tipe mesin: berpendingin udara, 36 cc, 2-tak, 1 hp/4.000 RPM. Suzuki Power Free E1 36 cc 1952 Suzuki Diamond Free 60 cc dan 70 cc 1953Diluncurkan pd Maret 1953, sangat terkenal dengan mekanisme roda-gigi ganda untuk menghindari kehilangan daya. Dengan 2 gigi transmisi dan keluaran 2 ps (pferde stärke) pada 4.000 RPM (revolution per minute), dapat mencapai kelajuan 60 km/jam. Suzuki berhasil melakukan balapan mendaki gunung Fuji dan tes mesin mengitari Jepang, dan penjualan motor Suzuki pun meledak besar-besaran dalam pasar Jepang. Suzuki pun kemudian mengeluarkan produk baru, mesin motor 70 cc. Catatan: Unit daya kuda dlm teknik. - hp (horse power) = hp kontinental [Inggris]
- pk (paarde kracht) = hp metrik [Belanda]
- ps (pferde stärke) = hp DIN [Jerman]
dimana, 1 hp standar internasional = 745,7 watt 1 hp standar metrik | DIN | ps = 1 hp metrik = 1 hp DIN = = 1 pk = 1 ps = 735,498.8 watt Suzuki Diamond Free 60 cc dan 70 cc 1953 Suzuki Colleda COX 90 cc dan 125 cc 1955Suzuki melakukan peningkatan luarbiasa, dari 60 cc ke 70 cc, lalu ke 90 cc dan akhirnya 125 cc. Suzuki Colleda COX dilengkapi dengan rangka baja, bermesin silinder tunggal 4-tak dengan katup|klep diatas [OHV, over head valve], memiliki roda-gila, dengan sistem penyalaan sangat maju, mampu menghasilkan tenaga 4 ps pada 5.000 RMP, memliki 3 gigi-transmisi dan dpat mencapai kelajuan 75 km/jam. Suzuki Colleda COX 90 cc dan 125 cc 1955 Suzuki T20 250 cc 1965Dikembangkan sebagai sepedamotor tercepat di dunia pada masa itu, dan berhasil menembus pasar Amerika Serikat. Merupakan sepedamotor Suzuki pertama menggunakan rangka pipa baja ganda, dan silinder mesin berperisai alumunium, memiliki kamar ganda, mampu menghasilkan tenaga maksimum 25 ps, dan juga spedamotor pertama menggunakan 6 gigi-transmisi. Suzuki T20 250 cc ini sangat terkenal di AS dan akhirnya Suzuki berhasil menembus pasar sepedamotor di seluruh dunia. Suzuki T20 250 cc 1965 Suzuki T500 1968Merupakan sepedamotor bermesin silinder ganda 2-tak 500 cc berpendingin udara pertama pada masanya, menghasilkan tenaga 47 ps pada 6.500 RPM, dan bisa mencapai top speed 180 km/jam. Problem mesin spt ketahanan, pemanasan berlebihan, dan getaran dapat diatasi oleh teknologi unik jitu Suzuki, sehingga menampilkan kinerja dan performa luarbiasa, dan membuat T500 menjadi andalan dan maskot Perusahaan Motor Suzuki pada masa itu. Suzuki T500 1968 Dan sejak itu bendera Suzuki pun terus berkibar di seluruh dunia ... ... Dan terakhir, inilah ... Suzuki Thunder 125 2007Suzuki Thunder 125 2007 Utk Suzuki Thunder 125, daya maksimum adalah 11,5 ps = 11,5 x 735,498.8 watt = 8.458,236.2 watt = 8,458 kw = 8.458,236.2 / 745,7 hp = 11,342 hp, pada kelajuan mesin 9.500 rpm. Jadi torsi (torque) mesin Suzuki Thunder 125 = 11,5 ps / 9.500 rpm = 11,342 hp / 9.500 rpm = 8,358 kw / 9.500 rpm |
| |
|